Sma Favorit Anda adalah??

Jumat, 11 Januari 2013

OSN 2012, PONTIANAK AWANNYA

DUKA CITA PERJUANGAN DEMI PONTIANAK


Teman-teman kali ini aku ingin sharing tentang pengalamanku menggapai salah satu impianku yaitu mengikuti OSN di Pontianak tahun 2012. Pengalamanku ini meruakan grafik jantung atau masa kehidupanku saat aku berusaha untuk menggapai impianku. Dan diakhir ceritaku ini menceritakan bahwa USAHA YANG KERAS membaw KESUKSESAAN. USAHA itu semua merupakan keikhlasan dalam hati yang terdorong oleh tekanan orang terdekatrku unutk kebaikanku. PENGEN TAU CERITANYA?? CHECK IT HERE...





Saat Itu aku gugup untuk berlomba membawa nama alazhar pada lomba OSN tingkat kota palu. Tapi dengan kepercayaan yang kuat diikuti dukungan dari orangtua dan Ibu Eka, Ibu Isni, dan Ibu kiky selaku pembinaku aku bertekad untuk bisa menang dan mewakili kota palu dalam ajang OSN tingkat provinsi hingga tingkat nasional. Tepatnya pada tanggal 7 april 2012, Aku bersama 3 orang temanku yaitu Ari, Kimo dan Urwa berlomba di SMPN 8 palu yang berada di daerah tipo, Palu Barat. Saat itu aku sangat gugup sekaligus bersemangat untuk menjadi juara OSN tingkat kota dan dapat mewakili kota palu ke ajang OSN tingkat provinsi.

Kemauanku menjadi suatu penyemangat bagiku untuk berlomba di OSN tingkat kota. Menjadi juara OSN walau hanya tingkat kota saja telah menjadi suatu mimpi yang sangat besar bagi diriku karena menjadi juara OSN merupakan suatu tanggung jawab antara hidup dan mati.

Pada hari itu, tepatnya pada tanggal 7 April aku berlomba. Di sana aku melihat banyak siwa yang mewakili sekolahnya masing-masing dengan membawa semangat yang luar biasa untuk membawa nama sekolah mereka mewakili kota palu pada OSN tingkat provinsi. Akan tetapi Aku tidak mau kala dari mereka, sayapun memiliki kepercayaan yang tinggi sehingga dapat menghapus benih-benih kegugupan pada diriku saat itu.

“Bismillahirahmanirrahim” Ucapku, sambil membuka lembaran soal yang telah dibagikan. Hatiku begitu lega saat melihat soal- soal tersebut, yang alhamdullilah semuanya telah aku pelajari. Sambil menghembuskan nafas aku mulai mengerjakan soal tersebut dengan semangat dan kepercayaan yang tinggi.

Akhirnya lombapun selesai, dengan harapan dan mimpi yang tinggi semoga semuanya dapat membuahkan hasil yang memuaskan yaitu dapat mewakili kota palu hingga mewakili Sulawesi tengah pada tingkat nasional.

6 minggu setelah lomba OSN tingkat kota palu akhirnya hasil OSN diumumkan, saat itu saya mendapat urutan PassingGrade 3 untuk provinsi, sedangkan Ari dan Kimo menjadi PassingGrade pertama untuk provinsi, sedangkan urwa perwakilan kedua untuk Kota palu.

Saat aku mendengar hal tersebut, hatiku bersedih walaupun semua mimpi itu belum gagal total!!. Saat itu bukan kemarahan yang aku butuhkan melainkan hanya dukungan yang aku harapkan untuk mengembalikan semangatku yang telah lenyap, karna belum dapat menjadi yang tebaik untuk OSN tingkat Kota Palu. Akan tetapi harapan itu tak terkabulkan, melainkan aku di marah habis-habisan sama Pak Basit karna belum dapat menjadi yang terbaik. Padahal OSN tingkat kota masih awal dari perjalanan ini yang belum tentu menentukan hasil akhirnya. Dan mungkin juga OSN tingkat kota ini ada permainan yang dilakukan segenap orang yang menghancurkan dunia pendidikan,kamu pasti tau tentang orang sekarang ini!! betul kan??... Selepas dari tuturan kata kemarahan pak Basit dan Sir-sir yang ada di ruang Guru ( Samping Ruang kepala sekolah) yang begitu seram dilihat, karna kuyakin mereka pasti marah denganku!!, aku mengambil sisi positif dari semuanya, karna aku yakin bahwa setiap peristiwa merupakan kehendak-Nya.

2 minggu sebelum OSN provinsi di mulai, aku belajar dengan keras, karna perjuangan OSN provinsi ini antar Hidup dan Mati dengan mempertaruhkan harga diri didepan seluruh Warga Al-azhar. “ Saya harus lolos ke tingkat nasional, kalau perlu masuk Passing Grade( peringkar 66 teratas seIndonesia). Supaya semua orang tau kalau saya juga bisa..” Ujarku dengan semangat yang telah berkobar-kobar di hatiku.

****************

Hari itu tanggal 2 Juni, saat itu semua orang di rumahku lagi sibuk dengan acara pernikahan kaka sepupuku , sedangkan aku sibuk mempersiapkan mentalku. Saat itu hanya OSNlah yang terbayang dibenakku, “Apakah aku dapat lolos hingga ke tingkat nasional”, kata tersebut itulah adalah pertanyaan misteriku, dan jawabannya hanya 2 yaitu YA atau TIDAK. Akhirnya aku keluar dari rumah dan pergi ke HOTEL PONDOK INDAH tempat penginapannya nagh OSN tingkat provinsi Sulawesi Tengah. Sesampai di HOTEL PI ( singkatan buat Hotel Pondok Indah), aku bersama 3 Kimo, Ari, dan Urwa langsung Check In dan mengisi formulir registrasi peserta, setelah itu kami semua mempersiapkan diri untuk berlomba keesokan harinya.

Tepatnya tanggal 3 Juni , lomba OSN pun segera dimulai. OSN provinsi kali ini diselenggarakan di SMPN1 palu yang lokasinya berdekatan dengan Hotel yang kami tinggali, dengan semangat yang tinggi aku optimis bisa lolos ke tingkat nasional. Saat itu juga aku membuat perjanjian kepada ALLAH, “ YA ALLAH, kalau saya lolos OSN ke tingkat nasional saya mau berpuasa nazar selama 3 hari berturut-turut, trus kalau saya lolos OSN ke tingkat nasional dan masuk PassingGrade , saya mau berpuasa nazar selama 7 hari berturut-turut, dan akan bersedekah kepada yang butuh”, ujarku kepada-Nya. Kemudian aku mulai berlomba, sambil berusaha menghilangkan segala beban yang ada pada jiwaku ini.

Akhirnya , aku dapat mengerjakan soal tersebut dan menutup lembaran jawabanku sambil mengucapakn, “Alhamdullilah, Ya Allah semoga engkau meridhoiku, dan semoga karnamu hamba dapat pergi ke Pontianak (Tempat diselenggarakannya OSN).

Selepas dari perjuanganku pada tingkat nasional, aku senantiasa berdoa kepada-Nya. Aku berharap semoga aku bersama 3 orang temanku dapat lolos ke tingkat naisonal.

********

Saat itu Hari Kamis, tepatnya tanggal 14 Juni 2012. Inilah hari yang ditunggu-tunggu olehku, Hari ini adalah hari yang emnjawab segala misteri yang selalu ada di benakku. Sepulang dari sekolah diriku senantiasa menemani laptopku yang dilengkapi dengan jaringan internet. Setelah 4 jam menunggu pengumuman, akhirnya pada saat adzan magrib, hpku berbunyi.. Ibu Eka Calling, itulah kata yang tertulis di hpku, dan aku mengangkatnya, “ Halo, Assalamualaikum mam, ada apa mam??, ujarku, “ walaikumsallam, arya, arya…  Kw tw, kw lolos OSN ke tingkat nasional!! Trus kw masuk PassingGrade!!, jawab m eka.. “ Bah, iokah mam??, babohong mam ini!!”,balasku lagi dengan hati yang senang..” io kasian, co kw buka websitenya… selamat yoo Arya”, m eka menjawab kembali..” ok, mam.. thank you mam”ujarku.. Dengan muka yang senang gembira aku segera membuka websitenya, dan ternyata semua itu benar. Selepas itu aku segera Sholat Magrib dengan hati yang begitu senang gembira…

Akhirnya tanggal 28 Juni 2012 aku berangkat ke Pontianak untuk mengikuti OSN tingkat Nasional.. Betapa bangganya orang tuaku beserta Ibu Eka, Ibu Isni, dan Ibu Kiky aku dapat lolos ke OSN nasional, dan dapat menunjukkan kepada Pak Basitm dan Guru lainnya kalau aku bisa!!

SEKIAN DAN TERIMA KASIH


Tidak ada komentar:

Posting Komentar